MAKALAH IKD KELOMPOK 10 PGSD 2012


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar belakang
H.W.Fowler mengatakan bahwa IPA adalah ilmu yang sistematis dan dirumuskan,yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi.Sedangkan Nokes di dalam bukunya “Science in Educaton” menyatakan bahwa IPA adalah pengetahuan teoritis yang diperoleh dengan metode khusus.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa IPA merupakan suatu ilmu teoritis,tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan percobaan-percobaan terhadap gejala-gejala alam.Betapa pun indahnya suatu teori dirumuskan,tidaklah dapat dipertahankan kalau tidak sesuai dengan hasil-hasil pengamtan/observasi.Fakta-fakta tentang gejala kebendaan/alam diselidiki dan diuji berulang-ulang melalui percobaan-percobaan (eksperimen),kemudian berdasarkan hasil eksperimen itulah dirumuskan keterangan ilmiahnya(teori).Teori pun tidak dapat berdiri sendiri.Teori selalu didasari oleh suatu hasil pengamatan.
Jadi dapatlah disetujui bahwa IPA adalah suatu pengetahuan teori yang diperoleh/disusun dengan cara yang khas-khusus,yaitu melakukan observasi eksperimentasi,penyimpulan, penyusunan teori dan demikian seterusnya.Cara untuk memperoleh ilmu secara demikian ini terkenal dengan nama metode ilmiah.Metode ilmiah pada dasarnya merupakan suatu cara yang logis untuk memecahkan suatu masalah tertentu.Metode ilmiah inilah merupakan dasar metode yang digunakan dalam IPA.
Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman,lebih makmur dan lebih sejahteraKemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini,karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan(sains).Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.Memberikan banyak kemudahan,serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.
Sains merupakan suatu kebutuhan yang dicari manusia karena memberikan suatu cara berpikir sebagai suatu struktur pengetahuan yang utuh.Secara khusus,sains menggunakan suatu pendekatan empiris untuk mencari penjelasan alami tentang fenomena yang diamati di alam semesta.

B.  Rumusan Masalah
Untuk mempermudah dalam penyusunan makalah ini,maka penulisan dibatasi sebagai berikut:
1.    Penjelasan IPA sebagai dasar pengembangan teknologi;
2.    Penjelasan sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi.

C.  Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.    Menjelaskan tentang IPA sebagai dasar pengembangan teknologi;
2.    Menjelaskan sejarah peradaban manusia dan perkembangan teknologi.

BAB II
IPA DAN TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
A.  IPA Sebagai Dasar Pengembangan Teknologi
Zaman seperti sekarang tidak ada suatu kebijaksanan apapun yang dapat menyelesaikan masalah tanpa memperhatikan sains dan teknologi,apakah masalah ekonomi ataupun politik. Nasib manusia pada saat ini dipengaruhi oleh kemampuan manusia mengembangkan, menerapkan,mengendalikan dan menguasai sains dan teknologi.Sejak masa revolusi industri, teknologi berkembang secara eksponensial dan tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan dan peradaban manusia modern.Teknologi bukan hasil sumber daya alam, melainkan hasil pemikiran, karya dan kreatifitas manusia.
Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman,lebih makmur dan lebih sejahtera.Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi,meskipun istilah “teknologi” belum digunakan.Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini,karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.Memberikan banyak kemudahan,serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.Namun demikian,walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif,di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Sains merupakan suatu kebutuhan yang dicari manusia karena memberikan suatu cara berpikir sebagai suatu struktur pengetahuan yang utuh.Secara khusus,sains menggunakan suatu pendekatan empiris untuk mencari penjelasan alami tentang fenomena yang diamati di alam semesta.Meskipun studi tentang sains dipecah menjadi beberapa disiplin,namun inti dari masing-masingnya terletak pada metode dan mempertanyakan hasilnya secara berkesinambungan.
Sains dan teknologi merupakan dua sosok yang saling berkesinambungan satu sama lain. Sains merupakan sumber teknologi yang mampu memberikan kemungkinan munculnya berbagai ide-ide sebagai penemuan-penemuan baru.Sedangkan teknologi adalah aplikasi dari sains yang dapat ditunjukkan dalam hasil nyata yang merupakan fenomena sosial buatan manusia.Tanpa manusia,teknologi pun tak akan pernah lahir karena manusialah yang mengendalikan segala operasionalnya.
Sepanjang sejarah perkembangannya, kemajuan teknologi ilmu pengetahuan secara umum, dan ilmu pengetahuan alam secara khusus, tidak pernah lepas dari dorongan keingintahuan (curiousity driven) maupun hasrat pemanfaatannya (application motivied). Penelitian yang dilakukan atas dasar keingintahuan lebih bersifat individualistik, mendasar dan tanpa sasaran hasil yang ditentukan sebelumnya. Sebaliknya, kajian yang bersifat penerapan dapat bersifat individualistik maupun berupa upaya kelompok, dan lazim terarah kepada tujuan atau sasaran tertentu. Aplikasi ilmu yang dimaksudkan dapat terjadi antar bidang ilmu dasar berbeda, ataupun untuk tujuan lebih praktis seperti pemanfaatannya demi pengembangan teknologi.
Perkembangan IPA dan teknologi yang demikian pesatnya mempunyai pengaruh langsung pada kehidupan.Pengaruh-pengaruh tersebut bersifat berbeda-beda.Perkembangan itu mempengaruhi 4 bidang yaitu:
1.    Langsung ke bidang intelektual,meninggalkan kebiasaan-kebiasaan ataupun kepercayaan-kepercayaan tradisional dan mengambil kebiasaan-kebiasaan baru;
2.    Pengaruh pada industri dan kemampuan di medan perang;
3.    Perubahan yang dibawakannya pada organisasi-organisasi sosial lambat laun merambat dalam kehidupan politik;
4.    Perubahan maupun benturan terhadap tata lingkungan.
Semua hal ini secara langsung menyangkut sendi-sendi kehidupan manusia dan lambat laun telah menjadi keterlibatan bersama.Dan pada akhirnya menentukan hidup matinya mausia di dunia ini.
Sejarah perkembangan IPA menunjukkan empat tahap dengan empat loncatan yang berbeda.Setiap loncatan membuka era baru yang erat pula hubungannya dengan alam pikiran umat manusia dari masa itu.
Perkembangannya adalah sebagai berikut :
1.    Revolusi Pertama
Revolusi pertama membuka era baru bagi penelitian mendalam mengenai gaya gravitasi dan penelitian mengenai dinamika gerakan benda-benda. Hasil-hasil yang dicapai dalam era ini adalah suatu pembuktian bahwa sifat alam dapat dilukiskan dalam arti kata diletakkan dalam suatu deskripsi yang jelas dan pasti. Oleh karena itu, dapat diramalkan secara amat teliti gerak-gerik benda angkasa, peredaran bintang, munculnya komet dan sebagainya. Sebagaimana diketahui, era ini dirintis oleh Isaac Newton. Perkembangan selanjutnya menghadirkan nama-nama seperti Bernoullis dan Laplace
2.    Revolusi Kedua    
Era ini memusatkan pada sifat-sifat kelistrikan dan kemagnetan benda sebagai keseluruhan dan juga mengenal sifat-sifat radiasi yang dipelopori oleh Faraday,sedangkan deskripsi teoritis mengenai kemagnetan dan kelistrikan dikembangkan oleh Maxwell. Revolusi fisika dari era inilah yang benar-benar menghantarkan manusia ke zaman listrik. Ilmu pengetahuan modern dalam bidang elektronika juga lahir pada era ini. Perkembangan-perkembangan dari era ini banyak sekali mempengaruhi kehidupan manusia modern. Di zaman ini pula dikembangkan pengetahuan tentang radiasi. Yang disebut radiasi adalah satuan-satuan individu yang disebut kuanta. Jika terdapat kuanta dalam jumlah yang cukup besar, maka kuanta tersebut mengatur diri ke dalam pola gelombang. Setiap pola mempunyai panjang gelombang dan radiasi yang dilukiskan dalam panjang gelombang tersebut. Pengetahuan ini memungkinkan telekomunikasi modern sebagaimana dikenal sekarang.
3.    Revolusi Ketiga
Era ini dimulai pada awal abad 20 dengan ditemukannya secara menyeluruh pemikiran manusia tentang zat dan jagad raya.Perlu diingat bahwa pada fase awal, awal fisika sangat banyak bergerak dalam dunia astronomi. Dalam fase-fase berikutnya, manusia lebih banyak mengarahkan perhatian kepada kejadian-kejadian dan eksperimen yang dilakukan di laboratorium. Di era ketiga, kembali manusia mengarahkan pandangan dan perhatian ke dunia astronomi, tetapi melalui pengetahuan dan pengertian yang diperoleh dari eksperimen-eksperimen di laboratorium.
Dapat dipastikan bahwa tidak mungkin astronomi mencapai apa yang dicapai kini, jika ia tetap dalam pemikiran era Newton dari era revolusi pertama. Kecemerlangan era ini dibawakan oleh Einstein yang merumuskan Relativitas. Ruthrford mengenai atom, Bohr mengenai kuantum,serta nama-nama ynag berkaitan dengan teori kuantum baru seperti Schrodinger, Heisenberg dan Dirac.
4. Revolusi Keempat
Revolusi fisika keempat dimulai tahun 1983 dengan ditemukannya suatu tipe materi baru yang disebut partikel Anderson. Dahulu diperkirakan atom merupakan benda kecil yang tidak mungkin dipecah-pecah lagi menurut teori atom Dalton.Kini dengan dipelopori penemuan Anderson dengan pertolongan perlatan-peralatan besar siklotron,aselerator dan sebagainya menjelang akhir dasawarsa 50-an tidak kurang dari 30 partikel baru ditemukan. Hal ini pada dasarnya sangat mengejutkan karena membuat manusia bertanya apa yang mungkin dan apa yang tidak mungkin.
Kemajuan ilmu dan teknologi bagaikan deret ukur, berkembang pesat secara eksponensial. Begitu pula di bidang teknik elektro, perkembangan juga menerobos ke segala aspek kehidupan mayarakat. Cabang ilmu yang mencakup bidang ketenagaan, keisyaratan, dan teknik komputer dan informatika dewasa ini menjadi primadona karena merupakan pendukung utama perkembangan masyarakat dunia yang sedang menuju ke era informasi.Perkembangan pesat dalam bidang komunikasi dan mekanisme pasar bebas dalam dasawarsa terakhir telah menuntut peningkatan pola perkembangan yang bersifat alamiah tersebut, menjadi proses yang berpangkal pada upaya bersama yang terancang (collective national endeavor). Dengan kata lain, perkembangan ilmu pengetahuan dasar dan aplikasinya perlu diarahkan dengan tekad dan kebijaksanaan nasional atas dasar visi kepentingan mendasar dan pertimbangan jangka panjang.

Ilmu dalam bidang IPA dan pemanfaatannya dapat dibedakan menjadi: IPA dasar atau murni, IPA terapan, dan teknologi. IPA dasar, IPA terapan, dan teknologi mengkaji bahan pokok yang sama, yaitu alam. Perbedaan ketiganya terletak pada aspek yang dikajinya. Menurut Amor et al. (1988), ilmuwan IPA dasar mencoba untuk memahami bagaimana alam bekerja. Sedangkan ilmuwan IPA terapan mencoba mencari cara untuk mengendalikan cara alam bekerja. Ahli teknologi memanfaatkan penemuan IPA dasar dan IPA terapan untuk membuat alat guna mengendalikan cara alam bekerja. Menurut White & Frederiksen (2000) IPA dapat dipandang sebagai proses untuk membentuk hukum, model, dan teori yang memungkinkan orang untuk memprediksi, menjelaskan, dan mengendalikan tingkah laku alam.
Prinsip-prinsip dan teori-teori IPA dasar dan pengendalian alam dari IPA terapan digunakan dalam teknologi untuk menyusun objek-objek, membuat konstruksi di alam, dan membuat alat untuk mengendalikan cara alam bekerja.
Teknologi meliputi teknik menyusun objek, serta membuat konstruksi alam dan alat, sedangkan IPA mengenai properti (kondisi, kandungan dan sifat objek), interaksi, dan perubahan objek. Konstruksi alam dan alat mengatur bentuk, ukuran ruang, ukuran objek, pergerakan dan interaksi objek. Objek dengan properti dan interaksinya diatur oleh konstruksi atau alat, sehingga menimbulkan peristiwa yang dihaarapkan oleh perancang teknologi.
Sains dan Teknologi telah melekat erat ke dalam setiap gaya hidup dan kehidupan modern, bahkan begitu pentingnya bagi pelajar ataupun mahasiswa, dan menjadi tuntutan dalam kehidupan profesional kita, maka belajar sains dan mengembangan ketrampilan sains dan teknologi pada saat ini adalah sangat penting dan menjadi keniscayaan.
Pentingnya terampil berkomunikasi dapat dibuktikan secara sepintas melalui berbagai surat kabar harian/koran. Kebanyakan lowongan pekerjaan untuk posisi-posisi penting selalu mempersyaratkan penguasaan teknologi. Bahkan saat ini begitu terasa pentingnya bagi para pelajar Indonesia bertepatan dengan usaha-usaha pemerintah untuk meningkatkan investasi asing di Indonesia.
Pengetahuan dan keterampilan ilmu sains dan teknologi memungkinkan kita dapat memasuki berbagai bidang profesi, namun demikian tanpa didukung dengan pengembangan kreativitas pribadi maka keterampilan itu sendiri menjadi tidak berarti dan tidak menjamin dengan sendirinya masa depan yang cerah atau adanya pengembangan karir pribadi yang pasti.
B.  Sejarah Peradaban Manusia Dan Perkembangan Teknologi
Sejarah peradaban manusia pada tahun Masehi dan alur peradaban manusia yang di prediksi akan terjadi dimasa yang akan datang secara kronologisnya,sebagai berikut :
·      2050 Perjalanan ke luar angkasa secara komersial dimulai;
·      2021 Mobil terbang akan mulai diperkenalkan;
·      2020 SETI (Search for Extra Terrestrial Intelligence) yang beroperasi sejak 1960 memperkirakan akan bisa berkomunikasi dengan alien;
·      2004 Penemuan fosil Homo floresiensis di Pulau Flores, Indonesia.
Setelah teknolgi menempuh perkembangan amat pesat di masa lalu hingga menyilaukan mata manusia,kini benar-benar orang mulai mempersoalkan akibat-akibat yang dibawa teknologi pada peradaban manusia sebagai keseluruhan,baik benturan teknologi terhadap nilai-nilai kemanusiaan,akibat-akibat fisik maupun benturannya terhadap tata lingkungan sebagai keseluruhan.
Perkembangan teknologi mengakibatkan perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia.Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur teknologi,khususnya dalam bidang teknologi informasi,seperti adanya hardware,software,teknologi penyimpanan data (storage),dan teknologi komunikasi (Laudon, 2006: 174). Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan,pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain. Tahun 1650 sampai dengan 1955 dinyatakan oleh Alvin Toffler sebagai era industri.Era ini dimulai dengan terjadinya revolusi industri,yaitu sejak ditemukannya mesin-mesin industri. Tenaga kerja manusia di dalam pabrik mulai diganti dengan mesin. Namun seiring dengan bergulirnya waktu, saat ini kita berada pada zaman teknologi dan informasi. Sebagai contoh, kini telah di temukan alat elektronik anti bakteri pada mesin cuci, lemari es dan pendingin ruangan yaitu dengan menggunakan teknologi nano.
Melihat kecenderungan dari perkembangan berbagai tahap yang dialaminya,jelas bahwa teknologi menjadi harapan jika terarah pada usaha meningkatkan mutu kehidupan manusia,yakni usaha untuk mencukupi:
1.    Usaha pengadaan pangan
Dalam abad kemajuan ilmiah yang pesat ini,tidaklah mengherankan apabila banyak teknologi baru yang telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia.Seperti penyempurnaan gizi yang terdapat di sereal makanan,pembuatan pangan protein dari daun-daunan dan pembuatan produk daging tiruan dari sumber-sumber protein nabati.
2.    Peningkatan kesehatan
Berkat kemjuan IPA dan teknologi dengan ditemukannya mikroskop,sinar X,obat-obat bius,transplantasi vaksinasi bidang kedokteran dan pengobatan dalam upaya meningkatkan kesehatan maju dengan pesat.Penemuan dalam bidang ini telah membebaskan menusia dari bahaya penyebaran wabah penyakit yang mengerikan.
IPA dan kemajuan teknologi telah mengenalkan cara-cara hidup sehat dengan memelihara kebersihan lingkungan.Menggunungnya sampah-sampah di lingkungan merupakan pertanda sanitasi yang tidak higienis,karena itu upaya pengelolaan sampah secara daur ulang terus ditingkatkan sehingga sejauh mungkin dapat dihindarkan adanya bahan-bahan tercemar.Pemerintah seharusnya menyediakan dana untuk memproses bahan-bahan buangan tersebut sehingga tidak lagi menimbulkan bahaya yang tidak diinginkan.Semua ini adalah untuk kelangsungan hidup manusia di bidang kesehatan.
3.    Penyediaan energi
Masalah pokok di dunia di masa mendatang adalah keterbatasan sumber-sumber daya alam dan salah satu diantaranya adalah keterbatasan daya energi.Sumber daya energi yang paling tua diperoleh dari kayu bakar,batu bara,minyak dan gas bumi.Sumber daya inipun makin lama makin menyusut jumlahnya,sedangkan sumber daya air untuk pengadaan tenaga hidrolistrik juga tidak mencukupi untuk menyediakan energi pendukung penduduk yang jumlahnya kian meningkat.
Berkat kemajuan IPA dan teknologi sekarang telah dapat diusahakan adanya sumber energi lain.Sumber daya energi alternatif tersebut adalah energi nuklir sebagai sinar yang dipancarkan oleh matahari,energi angin,serta biogas yang memanfaatkan limbah organis.
4.    Perkembangan teknologi
Selama 50 sampai 100 tahun sebelum Perang Dunia II sektor industri yang dipelopori teknologi berkembang dengan pesat,yaitu dalam bidang pembuatan baja,jalan kereta api,industri mobil dengan mesin pembakaran dalam dan mesin-mesin besar dan lain-lain.Namun pada saat itu banyak polusi yang dihasilkan dari pembuatan teknologi tersebut.
Sesudah Perang Dunia ke II muncul lah revolusi hijau di bidang pertanian,industri,elektronik dan lain-lain.Teknologi ini tidak banyak menghasilkan polusi.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.
Adapun cara untuk melengkapi kecerdasan Generasi Bangsa saat ini dan untuk melengkapi kecerdasan iptek para pelajar, diperlukan pula penyelarasan pengajaran iptek dengan pengajaran imtaq. Sehingga terbentuklah manusia-manusia cerdas dan bermoral yang dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia.Diantaranya adalah:
1)   learning to know, yaitu para Generasi akan dapat memahami dan menghayati bagaimana suatu pengetahuan dapat diperoleh dari fenomena yang terdapat dalam lingkungannya. Dengan pendekatan ini diharapkan akan lahir generasi yang memiliki kepercayaan bahwa manusia sebagai kalifah Tuhan di bumi diberi kemampuan untuk mengelola dan mendayagunakan alam bagi kemajuan taraf hidup manusia,
2)   learning to do, yaitu menerapkan suatu upaya agar para generasi menghayati proses belajar dengan melakukan sesuatu yang bermakna,
3)   learning to be, yaitu proses pembelajaran yang memungkinkan lahirnya manusia terdidik yang mandiri, dan
4)   learning to live together, yaitu pendekatan melalui penerapan paradigma ilmu pengetahuan, seperti pendekatan menemukan dan pendekatan menyelidik akan memungkinkan para generasi menemukan kebahagiaan dalam belajar.
BAB III
KESIMPULAN
A.  Kesimpulan
Ilmu pengetahuan(sains)dan teknologi merupakan dua sosok yang saling berkesinambungan satu sama lain.Sains merupakan sumber teknologi yang mampu memberikan kemungkinan munculnya berbagai ide-ide sebagai penemuan-penemuan baru.Sedangkan teknologi adalah aplikasi dari sains yang dapat ditunjukkan dalam hasil nyata yang merupakan fenomena sosial buatan manusia.Tanpa manusia,teknologi pun tak akan pernah lahir karena manusialah yang mengendalikan segala operasionalnya.
Teknologi dapat dibentuk dari IPA, tetapi dapat juga terbentuk tanpa IPA.Teknologi tanpa IPA dapat diibaratkan sebagai mobil yang mesinnya hidup dan bergerak maju, tetapi tanpa sopir. Betapa berbahayanya mobil itu, karena dapat menabrak apa saja yang ada di depannya. Jika ada sopir di dalam mobil itu, sopir akan mengendalikan mobil, sehingga mobil itu aman dan bermanfaat bagi manusia, sopir itulah IPA. Jadi, IPA ada dalam teknologi dan mengendalikan teknologi, sehingga teknologi aman dan bermanfaat bagi manusia.
Setelah teknolgi menempuh perkembangan amat pesat di masa lalu hingga menyilaukan mata manusia,kini benar-benar orang mulai mempersoalkan akibat-akibat yang dibawa teknologi pada peradaban manusia sebagai keseluruhan,baik benturan teknologi terhadap nilai-nilai kemanusiaan, akibat-akibat fisik maupun benturannya terhadap tata lingkungan sebagai keseluruhan.
Perkembangan teknologi mengakibatkan perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia.Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur teknologi,khususnya dalam bidang teknologi informasi,seperti adanya hardware,software,teknologi penyimpanan data (storage),dan teknologi komunikasi.
B.   Saran
Dalam kesempatan ini,kami juga ingin memberikan saran-saran kepada para pembaca serta kepada pemerintah yang terkait dengan makalah kami yang berjudul IPA dan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia.Saran-saran tersebut antara lain:
1.    Para pembaca haruslah memilih teknologi yang baik dan tidak merusak kebudayaan asli Indonesia,karena tidak semua dampak dari perkembangan teknologi ini positif bagi pembaca atau rakyat Indonesia;
2.    Teknologi yang berkembang namun tidak didukung adanya fasilitas dari pemerintah,semua itu tidak akan ada artinya.Untuk itu pemerintah harus ikut serta dalam hal ini,seperti halnya menyediakan peralatan daur ulang agar sampah-sampah tidak akan mencemari perumahan warga sekitar.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi,Abu.2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta:PT.Rineka Cipta.
Purnama,Hari.2003.Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta:PT.Rineka Cipta
                                                                                                                   

1 Response
  1. Anonim Says:

    Virtual Soccer Game | Best Virtual Football and Virtual 코인카지노 코인카지노 m88 m88 카지노사이트 카지노사이트 526NFL Betting Lines Week 3 | $25 Free + $1000 NFL Betting Lines