SEBAGIAN ISI BUKU 'SEKOLAHNYA MANUSIA'


Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk)

            Kecerdasan merupakan salah satu factor utama yang menentukan sukses gagalnya peserta didik belajar disekolah. Peserta didik yang mempunyai taraf kecerdasan rendah atau dibawah normal selalu diharapkan berprestasi tinggi. Tetapi tidak ada jaminan bahwa dengan taraf kecerdasan tinggi seseorang secara otomatis akan sukses belajar disekolah. Berbagi ilmu dari Prof. Gardner yang telah menemukan teori kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences), bahwa ada banyak kecerdasan yang memiliki setiap orang. Teori ini juga menekankan pentingnya ‘model’ atau tauladan yang sudah berhasil mengembangkan salah satu kecerdasan hingga puncak.
            Dalam buku Sekolahnya Manusia (Kaifa, 2009;56) memaparkan 8 kecerdasan yaitu kecerdasan linguistic (bahasa), kecerdasan matematis-logis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan musical, kecerdasan kinestetis, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis.
Ada 8 kecerdasan menurut dr. Howard Gardner
1.      Kecerdasan linguistik yaitu kepekaan pada bunyi, struktur, fungsi kata dan bahasa. Berkaitan dengan kemampuan membaca, menulis, berdiskusi, beragumentasi dan berdebat.
2.      Kecerdasan matematis –logis yaitu kepekaan pada memahami pola-pola logis/nurmeris, dan kemampuan mengolah alur pemikiran yang penting. Berkaitan dengan menghitung, menalar dan berpikir logis, memecahkan masalah.
3.      Kecerdasan visual-spasial yaitu kepekaan merasakan dan membayangkan dunia gambar dan ruang secara akurat. Berkaitan dengan kemampuan menggambar, memotret, membuat patung atau mendesain.
4.      Kecerdasan musikal yaitu kemampuan menciptakan dan mengapresiasikan irama, pola titik nada dan warna nada serta apresiasi bentuk-bentuk ekspresi emosi musikal. Berkaitan dengan kemampuan menciptakan lagu, mendengar, nada dari sumber bunyi/alat-alat music.
5.      Kecerdasan kinestetis yaitu kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengolah objek, respon dan reflex. Berkaitan dengan gerak motorik dan keseimbangan.
6.      Kecerdasan interpersonal yaitu kepakaan mencerna dan merespons secara tepat suasana hati, temperamen, motivasi dan keinginan orang lain. Berkaitan dengan kemampuan bergaul dengan orang lain, memimpin, rasa social yang tinggi, negosiasi, bekerja sama, dan rasa empati yang tinggi.
7.      Kecerdasan intrapersonal yaitu memahami perasaan sendiri dan mampu membedakan emosi, pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri. Berkaitan dengan kemampuan mengenali diri sendiri secara mendalam, kemampuan intuitif dan motovasi diri, penyendiri, sensitive terhadap nilai diri dan tujuan hidup.
8.      Kecerdasan naturalis  yaitu keahlian membedakan anggota-anggota spesies, mengenali eksistensi spesies lain dan memetakan hubungan antara beberapa spesies baik secara formal dan nonformal. Berkaitan dengan kemampuan meneliti gejala-gejala alam, mengklasifikasi, dan identifikasi.

0 Responses