PSIKOLOGI HUMANISTIS


Ada Tiga Bentuk-Bentuk Konflik yaitu:

1.      Approach-Aproach Conflict
Approach-Aproach Conflict (konflik mendekat-mendekat) adalah konflik yang muncul ketika individu didorong untuk melakukan pendekatan positif terhadap dua hal atau lebih.
Contohnya, seorang mahasiswa yang kuliah sambil bekerja disebuah perusahaan yang bonafit. Di kampus, dosen walinya memintanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Sementara itu, dikantor ia diminta oleh atasannya untuk bekerja secara profesional. Kemudian ia melakukan pendekatan-pendekatan untuk mencapai kedua hal berbeda itu, walaupun kedua permasalahan itu memiliki tujuan-tujuan yang saling terpisah satu sama lain.
2.      Avoidance-Avoidance Conflict
Avoidance-Avoidance Conflict (konflik menghindar-menghindar) adalah individu yang dihadapi pada dua hal atau lebih yang bersifat negatif tetapi memiliki kaitan erat dengan tujuan.
Contohnya yaitu Seorang gadis yang diminta untuk segera menikah oleh orang tuanya, karena usianya sudah layak untuk menikah. Kemudian orang tuanya menjodohkan anaknya tersebut. Ia diberi dua pilihan pria oleh kedua orang tuanya. Namun, tidak satupun ia menyukai pria yang ditawarkan oleh orang tuanya, karena tidak sesuai dengan criteria yang ia inginkan.                  
3.      Approach-Avoidance Conflict
Approach-Avoidance Conflict (konflik mendekat-menghindar) adalah suatu konflik dimana individu menghadapi konsekuensi yang saling bertolak belakang, baik bersifat positif maupun negatif.
Contohnya yaitu seorang siswa yang sangat menyukai paskibraka diberi kesempatan untuk menjadi anggota pasukan paskibra disekolahnya. Namun, disisi lain ia tidak menyukai apabila rambutnya dipotong menjadi pendek, karena rambut pendek adalah sebagai persyaratan untuk menjadi anggota paskibra.
0 Responses