MAKALAH IKD KELOMPOK 9 PGSD 2012


BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Sumber daya alam dan lingkungan hidup merupakan sumber yang penting bagi kehidupan umat manusia dan makhluk hidup lainnya. Eksploitasi sumber daya alam yang hanya berorientasi ekonomi hanya membawa efek negatif bagikelangsungan kehidupan umat manusia. Oleh karena itu pembangunan tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi tetapi juga memperhatikan aspek sosialyang berkaitan dengan kelestarian serta kemampuan dan daya dukung sumber daya alam.Kontrol masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam dan pelestarianfungsi lingkungan hidup merupakan hal yang penting. Masalah penduduk sebenarnya sangat kompleks, banyak sekali aspek yang mencakup aspek didalamnya, diantara aspek pangan, pemukiman, sandang, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, lingkungan hidup, dan sebagainya.juga perlu mendapat perhatian karena dapat berpotensi mempercepat terjadinya kerusakan sumber daya alam,oleh karna itu adanya usaha pelestarian lingkungan dan  sudah menjadi tanggung jawab manusia untuk menjaga dan merawat lingkungan alam kita ini dengan sebaik mungkin agar sumber daya alam yang ada di muka bumi ini tidak akan habis. Seharusnya setiap manusia mempunyai kesadaran akan dirinya masing-masing untuk menjaga,memelihara,serta merawat sumber daya alam  dan lingkungan dengan baik.

B.     Rumusan masalah
1.      Apa pengertian sumber daya alam dan keanekragaman lingkunganya ?
2.      Apakah masalah kependudukan dan lingkungan hidup?
3.      Apa prinsip dan usaha pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup ?
C.     Tujuan penulis
1.      Mengetahui  pengertian sumber daya alam dan keanekragaman lingkunganya .
2.      Mengidentifikasi masalah kependudukan dan lingkungan hidup.
3.      Untuk menegetahui Apa prinsip dan usaha pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.
4.       
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian dan keragaman Sumber Daya Alam
            Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja, seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah,udara dan sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya.
Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan jenisnya, yaitu sebagai berikut.
1.      Menurut sifatnya
Menurut sifatnya, sumber daya alam dibagi tiga yaitu:
a.       Sumber daya alam yang dapat diperbaharui ( renewable ), misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air dan tanah. Dapat diperbaharui artinya dapat bereproduksi dan memiliki daya regenerasi ( pulih kembali);
b.      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable), misalnya minyak tanah, gas bumi, batu bara, dan bahan tambang lainya;
c.       Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya, udara, matahari,energy pasang surut, dan energy laut.
2.      Menurut potensinya
Menurut potensi pengggunaannya, sumber daya alam dibagi beberapa macam, yaitu.
a.       Sumber daya alam materi, yaitu sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya batu bara, emas, kayu, serat kapas rosella dan sebagainya.
b.      Sumber aya alam energy ; yaitu sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya batu bara, minyak bumi,gas bumi, air terjun, sinar matahari, energy pasang surut laut, kincir dan lain-lain;
c.       Sumber daya ruang ; yaitu sumber daya alam yng berupa ruang atau tempat hidup misalnya area tanah ( daratan ) dan angkasa.
3.      Menurut jenisnya
Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua macam, yaitu :
a.       Sumber daya alam nonhayati ( abiotik ); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya bahan tambang, tanah, air dan kincir angin;
b.      Sumber daya alam hayati ( biotik ); merupakan sumber daya alam yang berupa mahluk hidup. Misalnya hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.

v  Manfaat  Sumber  Daya  Alam Untuk Manusia
Sumber daya alam sangat besar manfaatnya untuk kehidupan manusia. Diantara manfaatnya adalah sebagai berikut.
1.      Tumbuhan
Tumbuhan bermanfaat sebagai berikut:
a.       Menghasilkan oksigen bagi manusia dan hewan
b.      Mengurangi polusi karna dapat menyebabkan karbondioksida yang dipakai tumbuhan untuk proses fotosintesis
c.       Mencegah terjadinya erosi,tanah longsor, dan banjir
d.      Bahan industry, misalnya kelapa sawitt sebagai bahan industry minyak goring.
e.       Bahan makanan, misalnya padi menjadi beras
f.       Bahan minuman, misalnya tea dan jahe
2.      Air
Air bermanfaat sebagai berikut:
a.       Sarana wisata atau rekreasi
b.      Sarana irigasi atau pengairan
c.       PLTA ( pembangkit litrik tenaga air)
d.      Pemenuhan kehidupan primer  manusia
e.       Menjaga kelangsungan hidup manusia sebab manusia akan mati jika tidak ada air
f.       Kebutuhan rumah tangga
g.      Kebutuhan industry dan ekonomi
3.      Udara
Udara adalah campuran berbagai gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. Udara terbentuk dari gas helium, nitrogen, oksigen dan karbondioksida. Udara bermanfaat untuk kehidupan manusia, misalnya untuk  pembangkit listrik tenaga angin mengarahkan kapal layar dilaut, mem bersihkan ruang pentilasi dirumah,dan menyejukknan tubuh. Udara yang bergerak dan berpindah tempat disebut angin. Lapisan udara yang menyelimuti bumi disebut atmosfer. Lapisan ozon berfungsi untuk melindungi bumi dari sinar ultr violet yang dipancarkan oleh matahari .
4.      Tanah
Tanah adlah lapisan kulit bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan batuan dan bahan organic yang hancur oleh proses alamiah. Manfaat tanah adalah sebagai tempat penyimpan air dan sangat dibutuhkan untuk lahan pertanian.tanah banyak dimanfaatkan untuk menanam sumber daya alam pertanian . pertanian meliputi tanaman untuk makanan pokok seperti padi, jagung dan sagu.palwija terdiri atas ubi-ubian dan kacang-kacangan dan holikultural yang meliputi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan

5.      Hewan
Hwan merupakan salah satu dari berbagai mahluk hidup yang terdapat dialam semesta. Hewan terbagi menjadi dua, yaitu hewan bertulang belakang dan hewan tidak bertulang belakang. Hewan juga diklasifikasikn ebagi hewan pemakan daging, seperti anjing, kucing, harimau. Dan hewan pemakan tumbuhn seperti kambing dan kuda, hewn pemakan daging , seperti babi dan burung gagap, dan hewan pemakan serangga seperti cicak. Hewan bermanfaat untuk kehidupan manusia, antara lain dapat dijadikan hewan peliharaan yang dapat diperjual belikan dan sebagai lauk pauk makanan manusia. Adapaun hewan liar yang hidup dihutan bermanfaat untuk kelestarian alam dan keseimbangan ekoosistem

6.      hutan
hutan merupakan sebuah area luas yang ditumbuhi beragam pepohonan . dilhat dari jenis pohonnya, hutan dapat dibagi menjadi dua , yaitu sebagai berikut:
a.       hutan homogen, yaitu hutan yang ditumbuhi oleh satu jenis pohon ( tanaman), misalnya hutan jati,hutan pinus,hutan cemara.
b.      Hutan heterogen,yaitu hutan yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon atau tananman
Dilihat dari areanya, huatn dibagi menjadi lima sebagai berikut:
a.       Hutan lindung, yaitu hutan yang berfungsi untuk melindungi tanah dari erosi, banjir, dan tanah longsor.
b.      Hutan produksi, yaitu hutan yang berfungsi menghasilkan berbagai produksi industry dan bahan pelengkap kebutuhan manusia, seperti kayu lapis, mebel,bahan bangunan, dan kerajinan tangan.
c.       Hutan suaka alam yaitu hutan yang berfungsi memelihara dan melindungi flora ( tumbuhan) dan fauna ( hewan)
d.      Hutan wisata yaitu, hutan yang ditujukan khusus untuk menarik para wisatawan domestic maupun wisatawan manca negara
e.       Hutan mangrove yaitu hutan bakau ditepi pantai yang berfungsi untuk menghindari daratan dari abrasi.
Fungsi hutan adalah sebagai tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan hewan, tempat penyimpanan air alami, menenttukan iklim, mengurangi erosi, dan juga sebagai tempat wisata.  Oleh karena itu, hutan yang telah gundul harus di reboisasi.erosi adalah pengikisan tanah yang disebabkan oleh air hujan. Adapun reboisasi adalah penanaman atau penghijauan kembali hutan yang telh gundul.
7.      Pertanian
Manfaat pertanian sangat banyak, diantaranya pertanian padi, pala wija,dan jenis tanaman lainnya yang merupakn makanan pokok manusia seperti jagung, gandum, dan sagu.
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan kemungkinan akan habis adalah hasil tambang diantaranya sebagaai berikut:
1.      Batu bara berasal dari tumbuhan purba yang telah mati beerjuta  juta tahun yang lalu.
2.      Minyak bumi berasl dari hewan ( planton) dan jasad-jasad renik yang telah mati brjuta juta tahun.
3.      Vasellin untuk bahan obat ( salap )
4.      Paraffin untuk bahan pembuat lilin
5.      Aspal untuk bahan pembuat jalan.
6.      Biji besi dimanfaatkan untuk peralatan rumah tangga dan pertanian.
7.      Tembaga yang merupakan jenis logam yang berwarna kuning-kuningan, lunak dan mudah ditempah,bermanfaat untuk keperluan hidup manusia.
8.      Bauksit bermanfaat sebagai bahan dasar pembuatan alumanium.
9.      Emas dan perak untuk perhiasan
10.  Gas alam untuk bahan bakar kompor gas.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, antara lain dari tanah, seeperti hasil pertanian, perhutanan, dan perkebunan yang sangat bermanfaat untuk manusia, diantaranya sebagai berikut:
1.      Karet sebagai bahan baku pembvuatan ban mobil atau motor
2.      Kapas sebagai bahan baku tekstil.
3.      Tembakau sebagai bahan baku rokok dan obat.
4.      Kopi sebagai bahan baku pembuatan minuman .
5.      Tebu sebagai bahan baku gula pasir
6.      Vanili sebagai penyedap rasa.
7.      Agave sebagai bahan pembuat tali
8.      Rosella sebagai bahan pembuatan karung goni.
9.      Kina sebagai bahan malaria.

B.     Masalah Kependudukan Dan Lingkungan Hidup
Masalah penduduk sebenarnya sangat kompleks, banyak sekali aspek yang mencakup aspek didalamnya, diantara aspek pangan, pemukiman, sandang, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, lingkungan hidup, dan sebagainya. Lalu, apa saja konsekuensi yang mesti diterima oleh Negara – Negara yang sedang berkembang dengan laju pertumbuhan penduduk yang demikian cepat itu? Diantara beberapa konsekuensi tsb, ada tiga hal yang perlu dicatat yaitu : 1) jumlah angkatan kerja bertambah dengan cepat seiring engan cepatnya laju pertumbuhan penduduk, 2) rendahnya kemampuan Negara – Negara yang sedang berkembang untuk menciptakan kesempatan kerja tambahan, dan 3) semakin menurunnya daya dukung lingkungan terhadap kualitas kehidupan. Masalah – masalah lanjutan yang muncul kemudian adalah angka pengangguran semakin meningkat, urbanisasi, migrasi makin menjadi – jadi, dan last but not least, angka kejahatan dengan berbagai bentuk juga meningkat.
·         Teori Perangkap Penduduk Dari Malthus
Reverend Thomas Malthus mengemukakan hubungan antara pertumbhan penduduk dan pembangunan ekonomi pada tahun 1798 dalam artikelnya berjudul Essay on the Principle of Population. Ia menjelaskan konsep hasil yang menurun (concept of diminishing return). Menurtnya kecenderungan pertumbuhan penduduk suatu Negara tumbuh menurut deret ukur, yaitu menjadi dua kali lipat setiap 30-40 tahun. Pada saat yang sama, hasil dari tanah menurun, persediaan pangan hanya tumbuh menurut deret hitung. Karena pertumbuhan persediaan pangan tidak bias mengimbangi pertumbuhan penduduk yang sangat cepat dan tinggi, maka pendapatan per kapita masyarakat tani didefinisikan sebagai produksi pangan per kapita akan cenderung turun menjadi sangat rendah. Dapat ditemukan adanya 3 kritik utama terhadap teori Malthus dan Neo-Malthusian, yaitu:
1.      Teori tsb tidak memperhitungkan peranan dan dampak dari kemajuan teknologi
2.      Teori tsb didasarkan kepada suatu hipotesis mengenai hubungan secara makro antara pertumbuhan penduduk dan tngkat pendapatn per kapita yang tidak tahan uji secara empiris
3.      Teori tsb menitik beratkan pada variable yang keliru, yaitu pendapatan per kapita sebagai factor penetu utama tingkat prtumbuhan penduduk. Suatu pendekatan yang lebih baik dan lebih abash untuk masalah penduduk dan pembangunan ini terpusat pada ekonomi mikro dari proses pembatan keputusan ukuran keluarga setiap individual (dan bukan agregat), serta tingkat kehidupan menjadi factor penetu utama dari keputusan keluarga apakah akan mempunyai lebih banyak ata lebih sedikit anak.
·         Teori Transisi Penduduk
Teori transisi penduduk (demographic transition) berusaha untuk menjelaskan mengapa semua Negara-negara maju sekarang ini kurang lebih melalui tahap yang sama dalam sejarah kependudukan modern. Sebelum adanya modernisasi perekonomian Negara-negara tersebut selama berabad-abad sebagai kmbinasi dari tingginya tingkat kelahiran yang hamper sama dengan tingkat kematian. Tahap pertumbuhan seperti ini termasuk dalam tahap I. tahap II mulai terjadi pada saat modernisasi perbaikan kesehatan masyarakat, pendapatan yang lebih tinggi, dan kualitas makan yang lebih baik, menyebabkan penurunan tingkat kematian dan secara perlahan menaikan tingkat harapan hidup dari di bawah 40 tahun menjadi lebih dari 60 tahun. Penurunan tingkat kelahiran tahap III sebenarnya tidak di mulai pada abad XIX, tetapi beberapa dasawarsa setelah pertumbuhan ekonomi modern terjadi dan lama setelah penurunan tingkat kematian terjadi.
·         Migrasi Dan Pembangunan
Beberapa tahun yang lalu migrasi dari desa ke kota di pandang sebagai hal yang menguntungkan dalam kajian pembangunan ekonomi. Migrasi internal di anggap sebagai suat proses yang alamiah dimana surplus tenaga kerja secara perlahan di tarik dari sector pedesaan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja bagi pertumbuhan industri perkotaan. Proses tersebut di anggap bermanfaat secara social karena sumber daya manusia dipindahkan dari lokasi-lokasi dmana produk social marjinalnya sering di anggap sama dengan nol ke tempat-tempat dimana produk marjinal tersebut tidak hanya positif tetapi jga tumbuh dengan cepat sebagai akibat dari akumulasi modal dan kemajuan teknologi. Menurut Todaro (1985) migrasi juga sering di anggap sebagai proses yang bisa menghilangkan ketidak seimbangan structural desa-kota dengan dua cara langsung. Pertama, dari sisi penawaran migrasi internal yang tidak proporsional meningkatkan tingkat pertumbuhan pencari kerja perkotaan sehubungan dengan adanya pertumbuhan penduduk perkotaan. Kedua, dari sisi permintaan, penciptaan lapangan kerja perkotaan lebih sulit dari penciptaan lapangan kerja pedesaan karena kebtuhan sumber daya komplementer di sector industri.
1.      Model tranformasi tenaga kerja dari Lewis.
dalam model Lewis ini, perekonomian di bagi menjadi dua sector yaitu sector tradisional (pedesaan subsisten) dan sector modern. Sector tradisional ditandai oleh produktifitas tenaga kerja yang sangat rendah atau bhkan nol. Sector modern (industry perkotaan) di tandai oleh perpindahan tenaga kerja, yaitu tenaga kerja dari sector subsisten berpindah secara perlahan. Titik perhatian utama model ini adalah proses perpindahan tenaga kerja dan pertumbuhan pengerjaan di sector modern.
2.      Teori migrasi dari Todaro.
Todaro merumuskan bahwa migrasi berkembang karena perbedaan antara pendapatan yang di harapkan dan yang terjadi di pedesaan dan di perkotaan. Anggapan mendasarnya adalah bahwa para migrant tersebut memperhatikan berbagai kesempatan kerja untuk mereka dan memilih salah satu yang bisa memaksimumkan manfaat harapan mereka dengan bermigrasi.
3.      Proses migrasi dan karakteristik para migran.
Mgrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah tertentu ke daerah lainnya. Migrasi ini di pengaruhi oleh banyak factor dan kompleks. Penekanan-penekanan tersebt antara lain di tujukan kepada.
1. Factor-faktr social
2. Factor-faktor fisikal
3. Factor-faktor demografis
4. Factor budaya
5. Factor-faktor komunikasi   
·         Masalah Pengangguran
Pendapatan yang lazim di gunakan untuk mengukur tingkat penganguran di dasarkan pada pengertian angkatan kerja. Metode pengukuran ketenagakerjaan yang di pakai berasal dari Labor force Approach yang di perkealkan oleh ILO yang di gunakan d banyak Negara berkembang. Sejak tahun 1976 batasan waktu kerja dan periode refrensi yang di pakai sudah seragam, yaitu satu jam sehari dalam seminggu sebelum saat pencacahan. Beberapa pengertian yang berhubungan dengan pekerjaan adalah sebaga berikut :
1. Bekerja adalah mereka yang melakukan pekerjaan dengan tujuan memperoleh pendapatan.
2. Menganggur adalah mereka yang tidak menpunyai pekerjaan dalam kurun waktu seminggu sebelum pencacahan.
3. Bekerja tidak penuh adalah mereka yang bekerja kurang dari 35 jam dalam seminggu.
4. Kesempatan kerja adalah suatu tempat bagi seseorang angkatan kerja yang mendapatkan pekerjaan yang member imbalan.
5. Pendidikan adalah jenjang lamanya seseorang berada di sekolah formal.
·         Masalah Lingkungan Hidup
Persoalan yang sering di kaitkan sebagai dampak dari pesatnya pertumbuhan penduduk dan meluasnya pengangguran adalah masalah lingkungan hidup. Sehingga muncul beragam pembahasan masalah kualitas lingkungan hingga konservasi lingkungan, dan sekarang masalah tersebut telah menjadi bagian penting dalam setiap pembicaraan baik di tingkat nasional maupun internasional. Lingungan hidup beralih dari permasalahan ilmiah menjadi masalah pemerintah.
a.       Memelihara dan menghormati komunitas kehidupan.
Kita harus membagi dengan adil baik manfaat maupun biaya sumber daya yang digunakan serta biaya pelestarian lingkungan diantara masyarakat-masyarakat yang berbeda dan kelompok-kelompok yang bersangkutan, diantara mereka yang miskin dan kaya serta diantara generasi kita dan generasi yang akan datang sesudah kita.
b.      Memperbaiki kualitas hidup manusia.
Tujuan pembangunan yang sesungguhnya adalah memperbaiki mutu hidup manusia. Ini sebuah proses yang memungkinkan manusia menyadari potensi mereka, membangun rasa percaya diri mereka, dan masuk ke kehidupan yang bermartabat dan berkecukupan.
c.       Melestarikan daya hidup dan keragaman bumi.
Pembangunan yang berpijak pada pelestarian perlu disertai ke hati-hatian untuk melindungi struktur, fungsi, serta keragaman system yang alami, karena spesies kita sangat bergantung pada system-sistem tersebut.
                                                      
C.    Prinsip Dan Usaha Pelestarian Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Hidup.
     Sumber daya alamm dan Lingkungan hidup merupakan sumber  alam atau kekayaan alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang jumlahnya sangat terbatas. Manusia selalu berupaya untuk mengeksploitasi kekayaan alam secara optimal dengan menggunakan alat sederhana atau peralatan modern. Jika pengambilan sumber daya alam secara berlebihan maka bisa menimbulkan terjadinya kelangkaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari.
Apabila sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui habis begitu saja, maka manusia harus menunggu selama jutaan tahun lamanya untuk mendapatkannya kembali,sehingga manusia baru bisa menikmatinya kembali setelah menunggu begitu lama.
        Oleh sebab itu sudah menjadi tanggung jawab manusia untuk menjaga dan merawat lingkungan alam kita ini dengan sebaik mungkin agar sumber daya alam yang ada di muka bumi ini tidak akan habis. Seharusnya setiap manusia mempunyai kesadaran akan dirinya masing-masing untuk menjaga,memelihara,serta merawat sumber daya alam  dengan baik. Dan usaha untuk melestarikan sumber daya alam harus seimbang antara pemerintah dengan masyarakat luas, agar sumber daya alam ini bisa tetap terjaga dengan baik antara lain :
1.      Upaya pemerintah untuk melestarikan lingkungan hidup
                  Pemerintah berkewajiban menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk menjaga,merawat, serta melestarikan lingkungan hidup. Dan upaya ini dilakukan pemerintah melalui penyuluhan,bimbingan,pendidikan, dan penelitian tentang lingkungan hidup.
                  Upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk melestarikan lingkungan hidup adalah mengajak seluruh rakyat indonesi untuk mencegah berbagai macam pencemaran dan mempertahankan pelestarian hutan. Bentuk upaya pemerintah untuk melestarikan lingkungan hidup adalah memotivasi prakarsa dan keterlibatan masyarakat agar lebih berperan aktif dalam upaya meningkatkan lingkungan hidup.

2.    Usaha pelestarian lingkungan hidup bersama pemerintah dan masyarakat
              Upaya pemerintah Indonesia untuk melestarikan lingkungan hidup mendapatkan dukungan dan tanggapan dari masyarakat luas dengan melakukan upaya-upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup sebagai berikut :
a.       pelestarian tanah
b.      pelestarian air sungai dan danau.
3.   Pelestarian udara        
                  Udara atau lapisan atmosfer dibumi merupakan benda gas yang sanagt bermanfaat dalam melindungi bumi dari benda-benda yang ada di luar angkasa dan udara juga bermanfaat ubtuk bernapas,pengaturan iklim dan cuaca, sistem penerbangan,pelayaran, serta pembuahan pada tanaman.
      Upaya untuk melestarikan udara adalah :
ü  Mengembangkan penghijauan
ü  Mencegah kebakaran hutan dan sistem ladang yang dapat menimbulkan kabut asap
ü  Mewajibkan cerobong asap yang tinggi dengan filter penyaringan di setiap pabrik
ü  Menghentikan pengoperasian kendaraan bermotor dengan system buangan gas/asap yang ambang batas

4.      Pelestarian Hutan
              Hutan tropis secara internasional sering disebut sebagai paru-paru dunia, karena sifatnya yang menyerap panas dan memproduksi oksigen yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Upaya  melestarikan hutan :
ü  melakukan reboisasi
ü  mempertahankan hutan lindung dan suaka marga satwa
ü  menebang hutan dan menanamnya kembali

5.      Pelestarian laut dan pantai
                Indonesia merupakan negara kepulauan yang di kelilingi oleh selat dan lautan serta memiliki garis pantai terpanjang didunia. Upaya untuk melestarikan laut dan pantai:
ü  mencegah tumpahnya minyak mentah yang dapat mematikan makhluk hidup di laut
ü  melarang pembuangan limbah ke laut
ü  membudidayakan tanaman bakau ditepi pantai
ü  melarang bahan peledak dalam penangkapan ikan
6. Pelestarian flora dan fauna
        Tumbuh-tumbuhan di Indonesia sangat beraneka ragam jenisnya dan memiliki ciri khas sebagai tumbuh-tumbuhan dan hewan tropis yang belum tentu di miliki oleh negara lain. Upaya untuk melestarikan flora dan fauna adalah :
·         mempertahankan cagar alam untuk melindungi berbagai jenis tanaman langka
·         mempertahankan suaka marga satwa untuk melindungi berbagai macam jenis hewan langka
·         membudayakan sikap menyayangi hewan dan tanaman langka kepada masyarakat
·         melarang pemburuan satwa langka yang dilindungi oleh undang-undang dan memberikan sanksi pidana kepada pemburu yang melanggar.
BAB 3
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Sumber daya alamm adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja, seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah,udara dan sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya.
Masalah penduduk sebenarnya sangat kompleks, banyak sekali aspek yang mencakup aspek didalamnya, diantara aspek pangan, pemukiman, sandang, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, lingkungan hidup, dan sebagainya
Sumber daya alamm dan Lingkungan hidup merupakan sumber  alam atau kekayaan alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang jumlahnya sangat terbatas Dan usaha untuk melestarikan sumber daya alam harus seimbang antara pemerintah dengan masyarakat luas, agar sumber daya alam ini bisa tetap terjaga dengan baik.
B.     Saran
   Penulisan tugas ini tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, oleh sebab itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangatlah kami harapkan untuk menyempurnakan tugas ini.

Daftar Pustaka
Abdul rasak dan zenal aritin, filsafat umum, Bandung : Gema Media Pusakatama, 2002.
Ahmad fuat Al-Ahwani., filsafat  islam, Jakarta: pustaka firdaus.1994
Afthur Talbot Bawden, Man’s physical universe.New York: the macmillah company.1957.









0 Responses